Senin, 19 September 2011

SOFA

SOFA

Rangka / Frame ( 1 )
Rangka merupakan unsur pembentuk dalam sofa, dengan adanya rangka maka sofa dapat dibentuk menjadi model yang diinginkan. Ada 2 jenis bahan yang umumnya dipakai sebagai bahan penyusun rangka, antara lain:
  • Rangka Kayu
Rangka kayu paling umum digunakan dalam membuat sofa, karena bahan kayu mudah diperoleh serta mudah dibentuk. Pengerjaannya pun tidak memerlukan banyak alat khusus sehingga jenis rangka dari kayu ini mendominasi jenis rangka sofa.
  • Rangka Besi
Pada perkembangan model sofa di era modern, penggunaan rangka dari besi banyak dilakukan, dengan menggunkan rangka besi maka kekuatan rangka tidak diragukan lagi. Kerap kali penggunaan rangka besi diekspos sehingga menambah kesan modern dan minimalis.
Pegas ( 2 )
Pegas berfungsi sebagai penahan dudukan dan sandaran pada sofa, pegas ini disatukan pada rangka. Saat sofa sedang dipakai duduk, maka pegas ini menahan gaya berat dari pengguna sehingga pegas akan melentur, hal ini akan menjadikan pengguna menjadi merasa nyaman pada saat duduk. Terdapat 2 jenis pegas yang umum digunakan, yaitu:
  • Per
Per adalah sistem pegas pada sofa yang menggunakan pegas dari logam yang disusun pada rangka sofa.
  • Webbing
Webbing adalah sistem pegas pada sofa yang menggunakan karet-karet yang dianyam saling bersilangan.
Dudukan ( 3 )
Bagian paling penting dari sebuah sofa sebagai kunci kenyamanan terletak pada bagian ini. Dudukan tersusun dari foam / busa. Terkadang penggunaan per sebagai dudukan pada suatu sofa dilakukan untuk menghemat pemakaian busa sehingga dapat menekan pengeluaran biaya.
Penggunaan busa yang berkualitas sangat penting dalam menentukan umur suatu sofa. Dudukan yang nyaman akan membuat pemakai menjadi betah duduk berlama-lama di atas sofa, lalu apa yang menjadi kriteria sofa nyaman untuk diduduki? Dudukan yang terlalu keras tidak akan nyaman untuk diduduki, tetapi apabila terlalu empuk juga kurang bagus, sehingga dapat menyebabkan daya pantul pada saat duduk menjadi hilang, serta menjadikan upholstery menjadi kendor sehingga terlihat kurang rapi.
Sandaran ( 4 )
Salah satu komponen sofa yang menentukan kenyamanan sebuah sofa juga terletak pada sandarannya. Sandaran dapat dibuat dari busa, dakron, maupun bulu angsa tergantung pada bentuk sandaran dan seleranya.
Dengan sandaran dari busa, maka bentuk sofa menjadi lebih rapi, karena busa ini dapat mendukung bentuk sandaran. Sedangkan sandaran dari dakron diperuntukkan untuk model sandaran yang berbentuk bantal, bahan lain yang dapat dipakai yaitu bulu angsa, tetapi hal ini akan membuat harga sofa menjadi lebih mahal.
Upholstery ( 5 )
Kunci keindahan sofa terletak pada penggunaan upholstery / pelapisnya. Bahan upholstery sangat beragam baik produk lokal maupun impor. Pilihan yang sangat beragam ini dapat memberikan banyak alternatif untuk sofa, sehingga sofa dapat disesuaikan dengan dekorasi dan gaya ruangan.
Jenis upholstery bisa dari kain maupun kulit, untuk kulit terdapat jenis kulit asli maupun sintetis yang sering dikenal sebagai PVC leather atau Oscar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar